Beda Pintar, Cerdas, Kreatif dan Inovatif

Belajarlah seiring dengan hembusan nafas, berhenti belajar ketika nafas berhenti. Belajar juga yang akan membedakan seseorang bisa menyikapi kondisi yang sama dengan cara yang berbeda, tentu saja mendapatkan keuntungan dari kondisi paling merugikan sekalipun.

Mengisi hidup yang penuh tidak hanya membutuhkan kepintaran, tapi juga kecerdasan, kreativitas dan inovasi. Apa bedanya?

1. Kepintaran adalah kemampuan Anda dalam menyerap informasi. Ketika Anda mampu membaca dan mengambil ilmu pengetahuan dari buku atau informasi yang Anda serap, Anda cukup pintar. Akan tetapi, kepintaran berhenti disitu saja. Orang pintar memiliki banyak pengetahuan, akan tetapi kadang menghambatnya dalam pengambilan keputusan, karena pengetahuan yang banyak itu memberikan banyak informasi.

2. Kecerdasan adalah kemampuan mengelola kepintaran. Orang yang sukses kadang orang yang tidak terlalu pintar, akan tetapi bisa mengelola orang pintar. Kecerdasan membuat Anda tahu siapa orang pintar yang cocok mengerjakan jenis pekerjaan tertentu. Kecerdasan membuat Anda bisa mengambil keuntungan dari kombinasi kepintaran.

3. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka.

4. Inovasi adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

Oleh karena itu, belajarlah seumur hidup, dan Anda bisa memiliki kepintaran, kecerdasan, kreativitas dan inovasi. Semuanya bukanlah bakat, akan tetapi disiplin. Tentu saja bisa dipelajari.

From my new book…….

About these ads

4 Responses to “Beda Pintar, Cerdas, Kreatif dan Inovatif”

  1. misbah Says:

    Assalamu ‘Alaikum. Kang, saya sudah taruh blog antum di blogroll saya nich, http://www.binatakwa.blogspot.com. Ditunggu sapaannya ya…

  2. ahmadmisbah Says:

    Assalamu Alaikum. Ya Akhi, ana minta maaf nich pindah alamat gak bilang-bilang dulu..Sekarang ana pindah ke wordpress karena lebih familiar. Nich dia alamatnya http://www.maqamatcinta.wordpress.com berisi mukjizat dan hikmah al-Qur’an dll. pokoknya hasil terjemahan ana. Daripada numpuk di hardisk. Iya gak? Mudahan-mudahan jadi ilmu berguna..he..he..
    Soal kerjaan dengan ustadz, artikel sudah selesai, tetapi terjemahan ensiklopedi akhlak Rasul belum ada pembicaraan lanjut.. Btw, bagaimana nich skenario atau novelnya, sudah sampai mana…

  3. ahmadmisbah Says:

    Oh ya. Anda boleh juga ya copy posting antum..

    boleh kok dicopy postingannya…. kalau sempat kunjungi juga blog saya yang lain, lebih sering posting… di http://lebahcerdas.blogdetik.com.. kalau blog ini lebih ke catatan hikmah sehari-hari…syukron ya… novel? belum ada follow up.. saya juga lagi ribet dengan kerjaan baru di GIP…

  4. me, myself and I « Perempuan Banget! Says:

    [...] Baban Sarbana, temenku yang penulis beneran, beberapa sudah diterbitkan dan dicetak [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: