Berpikir Lateral

Banyak jalan menuju Roma.
Itu pepatah yang sering banget dijadiin perumpamaan supaya kamu ngga putus asa kalau mentok dengan sebuah ide.Supaya ngga putus asa dengan sebuah kegagalan.
Pepatah itu juga nunjukkin bahwa, banyak cara untuk mencapai sesuatu.
Nah.. hal yang sama bisa kamu lakukan dengan cara berpikir kamu. Kadang kamu suka buntu mikir, mentok bikin ide. Makanya pake salah satu metode berpikir lateral.

Apaan tuh?

Istilah lateral ditemukan oleh Edward deBono. Lateral ini lawannya vertikal. Kalau vertikal khan mikirnya lurus dan satu arah. Nah, kalau lateral itu mikirnya dari berbagai arah, selama satu tujuannya.
Contohnya gini:
Kalau kamu ditanya bagaimana memperoleh angka 24?
Nah.. kalau berpikir lateral, kamu bisa jawab:
1+23 = 24
3 x 8 = 24
48:2 = 24
dan seterusnya. Banyak banget.
Semakin banyak kamu menemukan kombinasi untuk menghasilkan angka 24, baik memakai 2 angka maupun lebih, baik memakai operasi bilangan tambah, kurang, kali atau bagi (bahkan pangkat), maka itu menunjukkan berpikir lateral kamu.

Bagaimana dalam kehidupan?

Buat kamu yang sering mentok pas lagi mikir, coba deh mundur dikit trus liat lagi tujuan kamu mikir itu. Misal, kalau kamu pengen ngasih hadiah ama temen, pikirin aja berbagai hadiah dan efeknya terhadap temen kamu. Jangan kasih hadiah yang klise, biasa banget. Kasih sesuatu yang spesial.

Kalau kamu lagi punya masalah sama orang tua, dan niat ngeberesin, coba deh liat dari berbagai sisi. Yang salah siapa, kesalahannya apa, trus gimana solusinya. Berpikir lateral bikin kamu buka mata lebih lebar, supaya ngeliat lebih banyak segi.

Oke.. selamat menggunakan ilmu berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: