Percaya diri itu kuncinya Nyaman

Kenapa Olga Syahputra keliatan begitu percaya diri dengan gaya gemulainya? Kenapa Ivan Gunawan begitu percaya diri dengan julukan madamnya? Kenapa Ucok Baba begitu percaya diri?

Satu jawabannya. Nyaman.

Ya, nyaman. Ketika seseorang nyaman dengan apa yang melekat di badannya, baik dari sisi fisik atau psikis, maka percaya diri akan tumbuh. Olga nyaman dengan ke-gemulaian-nya, walaupun itu kemudian jadi bahan cercaan rekan sesama presenter. Ivan Gunawan pun nyaman dengan julukan madamnya. Karena itulah mereka terlihat percaya diri.

Daripada sumber kenyamanan itu? Pertama dari dalam diri sendiri, kedua dari orang-orang terdekatnya. Dari dalam diri sendiri tentu saja terkait dengan pengambilan keputusan untuk memilih menjadi siapa. Dari luar berhubungan dengan pilihan akan berada di tengah-tengah siapa.

Ucok Baba, muncul kepercayaan dirinya ketika Dik Doank mengajaknya menjadi presenter sebuah acara olahraga dan menemukan julukan Ucok Baba karena nama Batubara kepanjangan untuk ukuran tubuhnya yang mini. Ucok Baba kini eksis di dunia entertainment. Percaya dirinya tumbuh karena bertemu dengan Dik Doank.

Dorce Gamalama percaya diri sebagai perempuan, kini. Karena dia nyaman.

Tapi percaya diri sesungguhnya, bukan berasal dari kenyamanan semu; kenyamanan egoistik, yang dijadikan pembenaran. Percaya diri sesungguhnya bersumber dari rasa nyaman yang sesungguhnya. Perlu memilih alasan yang benar untuk menjadi percaya diri. Jika alasan salah, maka percaya diri pun semu.

Sama saja dengan perempuan yang mengenakan jilbab. Ada yang pede, ada yang nggak. Semuanya bersumber pada seberapa nyaman dia dengan kemasan dirinya. Sama saja dengan laki-laki yang seumur hidupnya tidak pernah mengubah gaya rambut atau malah setiap hari berganti gaya rambut; dari belah pinggir jadi ramirez (rambut miring ngga beres-beres).

Percaya diri memang terkait dengan kenyamanan terhadap diri sendiri dan pilihan lingkungan yang tepat, yang menerima kita apa adanya, bukan bagaimana seharusnya.

Seberapa percaya dirikah Anda?

adalah pertanyaan lain untuk

Seberapa nyamankah Anda dengan diri Anda sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: